Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Lukman Sardi Tudingan DPR, "Di Balik 98" Tidak Didanai Wiranto

12/12/2018



Sutradara film 'Di Balik 98' Lukman Sardi menegaskan film-nya itu tidak dibiayai oleh Jenderal (Purnawirawan) Wiranto. Menurut Lukman, film itu dibiayai dua produser, yakni Afandi Abdul Rahman dan Titan Hermawan. "Senang banget kalau (Wiranto) mau nambahin, kebetulan honor masih kurang," kata dia berseloroh saat dihubungi Tempo, Senin, 5 Januari 2015. "Sama sekali itu tidak benar." (Baca: Pro-Kontra 'Di Balik 98', Lukman Sardi Kecewa)

Sebelumnya, anggota DPR Adian Napitulu menerima informasi bahwa Wiranto menjadi salah satu yang berkepentingan terhadap 'Di Balik 98'. Rumor yang beredar, kata dia, menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai Hanura itu pun terlibat dalam pendanaan "Di Balik 98. "Saya berharap film itu tidak menjadi tempat cuci tangan Orde Baru dari rangkaian kekerasan dan kekejaman dalam proses sejarah," ujar aktivis Perhimpunan Nasional Aktivis pada 98 itu. (Baca: Heboh Film 'Di Balik 98', Ini Para Pemainnya)

Menurut Lukman, orang yang mencurigai adanya keterlibatan Wiranto hanya mencari sensasi. Ia mengimbau mereka untuk menonton filmnya terlebih dahulu sebelum berkomentar negatif yang dapat menyebar fitnah. "Jangan protes dulu, nanti kalau jadi bumerang sendiri, bisa malu, kan," ujar Lukman, yang menjalani debut pertamanya sebagai sutradara dalam "Di Balik 98". (Baca: Adian: Film 'Di Balik 98' Jangan Mencuci Orde Baru)

'Di Balik 98' menceritakan tentang drama keluarga dan percintaan yang berlatar belakang kerusuhan sosial pada Mei 1998. Lukman berujar meski konteksnya Mei 1998, namun ia tak menyinggung kalangan tertentu. Ia hanya menyorot satu keluarga yang kehilangan keluarganya saat kerusuhan terjadi. (Baca: Adian Napitupulu: Wiranto Danai 'Di Balik 98'?)

Di sisi lain, film tersebut menggambarkan banyaknya keluarga yang terpaksa pindah ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk mengamankan diri. Film ini melibatkan beberapa artis dan aktor seperti Chelsea Islan, Boy William, Alya Rohali, Fauzi Baadilla, Donny Alamsyah. 'Di Balik 98' akan dirilis pada 15 Januari 2015. (Baca: Film Lukman Sardi 'Di Balik 98' Segera Tayang)