Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(MetroTvNews) Bagir Manan: Penting Menerapkan Kode Etik dalam Parlemen

12/12/2018



Jakarta: Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan mengatakan bahwa kode etik yang dimiliki dewan parlemen memiliki fungsi penting. Sebab, kode etik merupakan cara untuk menuntun orang menjadi lebih baik.

"Kehadiran kode etik itu penting meskipun sudah ada hukum yang berlaku. Fungsi kode etik itu berbeda. Kode etik merupakan cara untuk menuntun orang agar menjadi baik. Baik itu tidak memikirkan diri sendiri, punya integritas, serta bertanggung jawab," ujar Bagir Manan saat ditemui di Crowne Plaza Hotel usai menjadi pembicara dalam seminar nasional `Sistem Penegakkan Etika Lembaga Perwakilan` yang diselenggarakan DPR dengan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Menurut Bagir, hal-hal yang berkaitan dengan etika tidak tepat jika dieksekusi melalui jalur hukum. "Etika itu harus dibangun dengan sistem. Etika juga dipengaruhi lingkungan. Suatu masyarakat yang baik, pasti etikanya baik. Tapi kalau lingkungannya menghalalkan segala cara, ya susah juga," paparnya.

Bagir menyampaikan, tidak sepantasnya anggota DPR atau DPRD membenci masyarakat ataupun mempertanyakan kepada publik kenapa tidak menyukai mereka. "Tanya diri sendiri dong. Introspeksi itu penting," ujarnya.

Penerapan kode etik yang tepat, lanjur Bagir, penting guna mengawal setiap langkah dan perbuatan para dewan parlemen. Karena, hukum tidak dapat serta merta mengeksekusi hal-hal yang berkaitan dengan etika.