Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(MetroTVNews.com) DPR Optimistis Kementan Bisa Swasembada Pangan

12/12/2018



Metrotvnews com, Jakarta: Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Edi Prabowo mengatakan, upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat peningkatan pangan khususnya padi, jagung dan kedelai tahun ini patut diapresiasi. Terlebih, dengan anggaran mencapai Rp16,9 triliun target pangan sebesar 3,6 juta ton tahun ini seharusnya dapat tercapai.

" Kami Komisi IV secara tegas selalu meyakinkan bapak atau ibu bupati dan Kementerian Pertanian, dengan anggaran Rp16,9 triliun, dapat mencapai target 3,6 juta ton untuk menekan angka impor pangan saat ini," ujarnya, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Untuk itu, lanjut Edi, dengan diadakannya dialog antara menteri pertanian dengan bupati dan pemangku kepentingan dalam upaya pencapaian swasembada diharapkan menemukan solusi terbaik. Sebab, ini berkaitan erat dengan nasib para petani di Indonesia.

" Kami akan terus mendukung. Saya yakin pembudidayaan penanaman jagung, padi, dan kedelai akan meningkat, karena pangan hal yang harus diperjuangkan hakikatnya," terang dia.

Dirinya menambahkan, Komisi IV DPR akan mengusulkan agar tiap bupati diberikan dana cadangan untuk dapat membeli hasil panen dari petaninya sehingga dengan dana tersebut petani tidak lagi menjual hasil panennya kepada swasta.

Namun demikian, Edi menekankan agar dana talangan tersebut benar-benar digunakan untuk pengabdian. Jangan sampai disalahgunakan. "Dana talangan atau cadangan bukan untuk dihabiskan. Harus diatur dengan baik. Jadi, dengan dana talangan APBD, pemda bisa membeli hasil panen petani. Tapi jangan sampai (nantinya) malah dipanggil KPK," pungkasnya. 
ABD