Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(MI) Jokowi sudah siapkan penjelasan lisan untuk DPR tentang batal melantik Budi

12/12/2018



Meski telah memberikan penjelasan secara resmi kepada DPR perihal pembatalan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, pihak Istana Negara mengaku tetap menyiapkan penjelasan lisan tentang masalah itu.

Pada prinsipnya, tidak ada pelanggaran konstitusi dan hukum terkait keputusan Presiden itu. ''Ya memang (penjelasan) harus dilakukan, harus disiapkan untuk disampaikan (ke DPR),'' kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Ia mengungkapkan Presiden Joko Widodo sudah mengetahui adanya penggunaan hak interpelasi oleh DPR terkait Budi Gunawan. Terlebih, Budi sudah disetujui dalam rapat paripurna DPR. Walau demikian, Presiden belum memandang perlu untuk menanggapi hal itu.

''Presiden merasa tidak perlu melakukan tanggapan apa pun. Kita ikuti proses di DPR. Nanti kalau DPR sudah mulai bersidang, tentu saja Presiden akan memperhatikan dengan sangat serius terhadap perkembangan itu,'' tuturnya.

Soal upaya lobi politik dengan dewan, Pratikno mengakui Presiden terbuka untuk melakukan komunikasi politik dengan semua fraksi. Komunikasi resmi akan dilakukan setelah masa reses berakhir pada 22 Maret mendatang. ''Tapi sejauh ini komunikasi terus berjalan,'' ucap mantan Rektor UGM itu.

Mengenai posisi Budi Gunawan di masa depan, dia mengatakan itu akan ditentukan oleh Kapolri terpilih. Ia pun menepis adanya kompromi politik lewat pemberian jabatan Wakapolri kepada Budi. Sejauh ini, pihaknya masih menanti arahan dari Presiden Jokowi.

''Untuk sementara ini tetap (sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Nanti Kapolri definitif yang membuat keputusan lebih lanjut,'' ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai surat Presiden ke DPR terkait pengajuan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri baru sama sekali tidak menjelasakan alasan pembatalan pelantikan Budi.