Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(OkeZone.com) 30 Perguruan Tinggi Se-Asean Bahas Kualitas Pendidikan

12/12/2018



DEPOK - Universitas Indonesia (UI) mengumpulkan 30 perguruan tinggi negara Asean sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi internasional Asean University Network - Quality Assurance (AUN-QA) 2016. Pertemuan ini membahas peningkatan kualitas pendidikan di Asean agar perguruan tinggi dapat meningkatkan posisi tawar dalam menjawab tantangan serta persaingan di tingkat global setelah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Direktur Eksekutif AUN Nantana Gajaseni mengatakan, konferensi internasional ini menjadi forum diskusi pertukaran informasi dan pengetahuan terkai penjaminan mutu pendidikan tinggi. Forum ini juga menjadi wadah untuk menjalin kerjasama akademik yang lebih erat antara perguruan tinggi di negara anggota.

"Saling tukar ide dan pengetahuan. Kami semua anggota jejaring se Asean menggenjot perbaikan sistem pendidikan. Seberapa kuat kami menhadapi MEA," katanya dalam sambutannya di Balai Sidang, UI, Senin (28/3/2016).

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, konferensi ini menghadirkan para pakar dari negara Asean serta perwakilan Jepang, Korea, Singapura, dan Eropa serta pemerhati penjaminan mutu pendidikan tinggi. Memasuki era MEA sivitas akademika pendidikan tinggi baik pengajar maupun mahasiswa dituntut untuk tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global.

"Tuntutan ini menyebabkan sebuah perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat, serta siap mengantisipasi hadirnya Asean Community," kata Anis.

AUN didirikan pada 1995 dirancang sebagai organisasi jejaring universitas di Asean dengan tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi negara Asean. Semangatnya meningkatkan kerjasama dan solidaritas dalam integrasi masyarakat Asean.

"Empat perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi anggota AUN yakni UI, UGM, ITB, dan UNAIR. Kami punya 18 program di UI yang telah di akses dan re-akses memenuhi standar AUN-QA," tutupnya.