Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(OkeZone.com) Ini Penghambat Kampus Indonesia Mendunia

12/12/2018



JAKARTA - Hingga kini, baru dua perguruan tinggi Indonesia menembus pemeringkatan kampus dunia. Nyatanya, menempati level internasional memang tidak mudah.

Salah satu penghambatnya, menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, adalah keterbatasan penguasaan bahasa Inggris. "Pasalnya, kampus-kampus dunia

menggunakan bahasa Inggris baik dalam kegiatan perkuliahan maupun penelitian," ungkap Malik, dalam Konferensi Pers UK Education Month di Kantor British Council, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Karena itulah, Malik menyarankan peningkatan investasi sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan tinggi. Investasi juga perlu ditingkatkan dalam aspek fasilitas.

"Pemerintah Indonesia sendiri sudah berusaha untuk bisa mendanai banyak mahasiswanya bersekolah di luar negeri untuk meningkatkan keahlian, namun hambatan bahasa juga masih banyak terjadi," paparnya.

Di sisi lain, imbuh Malik, Indonesia bisa maju ke level dunia dengan turut meningkatkan kualitas riset. Kerjasama dengan pihak luar negeri pun harus dikuatkan, misalnya dengan melakukan join riset, join degree sampai join campus.

"Tidak ada lagi waktu untuk menunggu, tapi Indonesia sudah harus mempersiapkan diri," tandasnya.