Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Pemekaran Wilayah Garut Selatan dan Papua - Rapat Dengar Pendapat Komisi 2 dan Pemda Garut dan Papua

12/12/2018



Pada 30 Maret 2015 Komisi 2 mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat dan Papua terkait rencana pemekaran daerah.

Pemaparan dari Mitra Rapat

Ini adalah beberapa pemaparan dari Pemda-Pemda mengenai rencana pemekaran wilayah mereka:

  • Pemekaran Garut Selatan akan membentuk salah satunya Kabupaten Cilangkahan

  • Kabupaten Cilangkahan akan beribu kota di Haragem

  • Pemekaran ini dilakukan dengan tujuan agar Kabupaten Lebak tidak terlalu besar wilayah cakupannya.

Pemantauan Rapat

Ini respon dari Fraksi-Fraksi terhadap pemaparan dari para Pemda atas rencana pemekaran wilayah:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Tagore Abu Bakar dari Aceh 2.  Menurut Tagore pemekaran wilayah dibenarkan oleh Undang Undang Dasar (UUD). Oleh karena itu Tagore mendukung penuh pemekaran wilayah untuk kesejahteraan rakyat dan pelayanan yang cepat.

Fraksi Golkar: Oleh Rambe Kamarul Zaman dari Sumut 2 dan sebagai Ketua Komisi II.  Rambe menyatakan bahwa pemekaran wilayah adalah untuk kesejahteraan rakyat. Komisi 2 akan membicarakan pemekaran wilayah Garut Selatan dan Papua dengan Pemerintah.

Fraksi Demokrat: Oleh Saan Mustopa dari Jabar 7. Menurut Saan apabila Pemda Garut dan Pemda Papua sudah memenuhi syarat tidak ada alasan untuk menolak kehendak rakyat dalam pemekaran wilayah.

Evert Erenst Mangindaan dari Sulut.  Mangindaan menilai Komisi 2 masih perlu memprioritaskan wilayah mana yang betul-betul akan dimekarkan.

Fraksi PPP: Oleh Asep Ahmad Maoshul Affandy dari Jabar 10.  Asep mendukung pemekaran wilayah Garut Selatan dan menghimbau Pemda Garut untuk jangan patah semangat untuk pelaksanaannya.

Fraksi Nasdem: Oleh Tamanuri dari Lampung 2. Tamanuri mendukung segera diadakannya pemekaran wilayah.

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Dengar Pendapat dengan Pemda Garut dan Papua kunjungi http://chirpstory.com/li/259669.


wikidpr/fr