Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Peristiwa Penting DPR-RI Masa Sidang Ke-5 Tahun 2016-2017

12/12/2018



Selama masa sidang ke-5 tahun 2016-2017 Periode 18 Mei 2017 s.d. 27 Juli 2017, terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi selama masa persidangan. WikiDPR berhasil mencatat 19 peristiwa penting selama periode tersebut.

Pada Mei 2017, terdapat 6 peristiwa penting yang terjadi yakni Sidang Paripurna Pembukaan masa sidang ke-5 Tahun 2016-2017 pada 18 Mei 2017. Kemudian pada 23 Mei Badan Legislasi (Baleg) mengadakan rapat dengan LPP TVRI dan RRI dengan agenda menerima masukan tentang RUU Penyiaran. Yang ketiga, Pansus RUU Pemilu rapat dengan Mendagri, Menkumham, dan Wamenkeu tentang calon tunggal presiden pada 24 Mei. Selanjutnya pada 30 Mei Komisi 3 Panja RUU KUHP rapat dengan KPK, BNN, dan Tim Pemerintah tentang Narkotika dan Korupsi dalam bab tindak pidana khusus RUU KUHP. Kemudian pada 31 Mei terdapat dua rapat penting yaitu  Komisi 1 rapat dengan Menkominfo tentang kejahatan siber; virus Ransomware Wannacry, akun palsu, menyinggung SARA, Hoax, dan Ujaran kebencian serta Pansus RUU Terorisme Rapat dengan Tim pemerintah dan Densus 88 tentang penambahan waktu penahanan.

Beberapa peristiwa penting yang terjadi pada Juni antara lain Komisi 11 menyelenggarakan Uji Kepatutan dan  Kelayakan Dewan Komisioner OJK pada 5 sampai 8 Juni. Uji kepatutan dan Kelayakan juga dilakukan Komisi 8 terhadap  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada 6 sampai 7 Juni. Pada 6 Juni pula Komisi 7 rapat dengan Dirut Pertamina tentang kebijakan BBM Satu Harga dan Isu Terkini lainnya. Sedangkan pengajuan usulan RUU Permusikan diajukan ke Baleg melalui audiensi dengan insan musik  pada 7 Juni. Selanjutnya pada 8 Juni berlangsung Paripurna DPR dengan agenda pengesahan anggota KPAI dan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP). Kemudian terdapat dua rapat yang dinilai penting yaitu Komisi 3 Rapat Panja RUU KUHP dengan Tim Pemerintah tentang tipikor, narkoba, dan penghinaan terhadap Presiden dan agenda penyerahan DIM RUU Agraria dalam rapat Komisi 2 dengan MenATR-BPN pada 13 Juni. Dan peristiwa penting terakhir pada Juni adalah Pansus RUU Pemilu yang mengadakan Rapat dengan Mendagri tentang penambahan kursi anggota.

Peristiwa penting lainnya pada Juli 2017 adalah Pansus RUU Pertembakauan mengadakan rapat dengan BPJS Kesehatan dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) tentang dampak tembakau bagi kesehatan. Sedangkan agenda mendengar laporan Badan Anggaran (Banggar) tentang Pembicaraan Pendahuluan APBN TA 2018 yang dibarengi Pengesahan RUU Arsitek menjadi UU berlangsung dalam rapat paripurna pada 11 Juli. Peristiwa penting pada bulan Juli selanjutnya adalah pengesahan RUU Pemilu menjadi UU pada rapat paripurna yang berlangsung sejak pukul 11:03 WIB hingga 00:16 WIB (13 jam) pada 20 Juli. Kemudian rapat RDPU Pansus  KPK dengan Yulianis (mantan wakil direktur keuangan PT Permai Group) mengenai kasus Nazarudin dan KPK pada 24 Juli. Dan yang terakhir pada Juli 2017 adalah Paripurna DPR dengan agenda Pengesahan RUU Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN 2016, Pengesahan RUU APBN-P 2017, Pengesahan RUU tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan menjadi UU, dan Penutupan Masa sidang 5 Thn 2016-2017.