Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(PortalKBR) Mabes Polri: Arahan Kompolnas, Bapak Sutarman Nonaktif, Plt Kapolri Bapak Badrodin Haiti

12/12/2018



Kepolisian Indonesia (Polri) sementara ini dipimpin oleh Wakil Kapolri (Wakapolri) Badrodin Haiti. Ini menyusul penetapan Kapolri baru Komjen Budi Gunawan oleh DPR dalam Sidang Paripurna DPR, Kamis (15/1) kemarin. Dengan putusan paripurna DPR, Kompolnas yang dipimpin oleh Menkopolhukam secara efektif memberhentikan lebih dulu Sutarman sebagai Kapolri, sehingga dibutuhkan Plt.

“Saat itu tugas sehari-hari di Kapolri dilaksanakan Wakapolri sesuai keppres," kata Juru bicara Polri, Agus Rianto di Mabes Polri, (16/1).

Sementara, menurut Agus Rianto mengatakan, kepastian pengisi jabatan kapolri hingga kini masih menunggu pelantikan resmi dari Presiden.

"Presiden kirim surat ke DPR tentang penunjukkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri untuk dilakukan uji kelayakan, kemudian memberhentikan Jenderal Sutarman kemudian sekarang perkembangan seperti apa, siapa kapolri mendatang, nunggu pelantikan presiden,” kata Agus Rianto.

Sidang Paripurna DPR Kamis (15/1) kemarin menetapkan Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Sutarman. Keputusan diambil melalui lobi setelah ada pandangan berbeda dari Fraksi Demokrat dan PAN. Demokrat meminta penundaan penetapan. Sementara Fraksi PAN mengusulkan rapat konsultasi presiden dengan DPR.

Soal Kabareskrim Suhardi Alius


Sementara, Agus Rianto membantah kabar pergeseran jabatan di tubuh institusinya. Ini menyusul munculnya kabar digantinya Kabareskrim Komjen Suhardi Alius dengan Budi Waseso yang dikenal dekat dengan Budi Gunawan. Agus mengaku, pihaknya belum menerima surat resmi terkait hal tersebut.
 
"Sampai dengan saat ini kami belum menerima surat terkait dengan pergantian Kabareskrim, kita dapat informasi justru dari teman-teman (media), kita coba telusuri apakah betul seperti itu. (Kabarnya Pak Suhardi sudah berkemas?) Mengemas itu kan kalau barangnya beliau, mungkin kan dibawa," kata Agus Rianto di Mabes Polri, (16/1).

Agus menambahkan, Suhardi Alius dikenal berprestasi dan tidak memiliki catatan buruk. Ia menegaskan sampai saat ini internal lembaga kepolisian tetap solid.

"Tidak ada bahwa di kepolisian itu ada hal-hal yang mengganggu, kami semua sampai dengan saat ini tetap solid, tetap satu pimpinan, dalam hal ini bapak kapolri, siapapun itu," kata Agus Rianto.