Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Rakyat Merdeka) Tiap Bulan Anggota DPR Setor 15 Juta Rupiah ke Partai

12/12/2018



Anggota DPR periode 2014-2019 dilantik pada 1 Oktober 2014. Sebulan Iebih menjadi anggota dewan, mereka telah menerima gaji. Dari gaji yang mereka terima, anggota harus menyetorkan sumbangan kepada partai politiknya.

Besaran setoran beragam, tergantung kebijakan masing-masing partai. Biasanya, semakin banyak anggota parpol yang duduk di Senayan, maka semakin kecil besaran uang setoran per orang. Namun, bisa juga parpol menetapkan aturan lain.

"Semua anggota DPR pasti setoran iuran bulanan ke partai, hanya jumlahnya beda-beda tergantung kebijakan partai. Kami anggota Fraksi Gerindra dengan kesadaran sendiri, menyetor Rp 15 juta per bulan. Karena kegiatan kami banyak," kata Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Desmon Mahesa, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Desmon mengatakan, besaran uang setoran bulanan bisa dikompromikan antara anggota dewan dengan partai. Menurutnya, iuran bulanan penting untuk membiayai kegiatan-kegiatan partai, terutama kegia-tan terkait konstituen para anggota dewan.

"Enggak wajib, besaran bisa kompromi. Ini membantu partai saja," kata Wakil Ketua Komisi Hukum DPR itu.

Menurutnya, Anggota Fraksi Gerindra yang masih baru juga diimbau setor ke partai, namun tak harus Rp 15 juta. Berapa? "Masih bisa dikompromikan. Kita enggak kaku menerapkan iuran," katanya.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR juga harus setor Rp 15 juta setiap bulan, sedangkan anggota Fraksi PDIP setor Rp 10 juta per bulan. Fraksi-fraksi lain belum jelas berapa setoran rutin per bulan setiap anggota DPR.

Setoran anggota DPR ini adalah salah satu pendapatan partai. Penghasilan per orang anggota DPR setiap bulan saat ini sekitar Rp 60-70 juta, tergantung jabatan.

Kebanyakan para legislator tidak keberatan, karena sudah tahu konsekuensi ini sejak awal. Apalagi, duit setoran itu akan digunakan untuk biaya operasional partai, yang memang tidak murah.