Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Rekap Kunjungan Kerja #Kom11 ke Sumsel, Jogja dan Kaltim - Fadel Muhammad

12/12/2018



Jakarta, 5 Maret 2015

WikiDPR mewawancarai Fadel Muhammad (FM), ketua #kom11 DPR-RI, mengenai rekap kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan oleh komisi tersebut di masa reses kedua ini. 

Pertanyaan: Berapa lokasi yang dikunjungi oleh #kom11 di reses kali ini?

FM: Ada 3 lokasi yang kami kunjungi kali ini. #kom11 ke Palembang dipimpin oleh Marwan Cik Asan, kemudian ke Jogja dipimpin oleh Jon Erizal, dan di Kalimantan Timur dipimpin oleh Fadel Muhammad, saya sendiri. Kami mendapatkan respon yang positif dari masyarakat di daerah.

Pertanyaan: Kenapa 3 lokasi ini yang dipilih oleh #kom11 ?

FM: Di Kaltim ada isu mengenai, mereka itu meminta Otsus (Otonomi Khusus). Jogja adalah Daerah Khusus, sehingga mereka mendapatkan anggaran khusus. Di Sumatera Selatan, ada masalah UU Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah.

Pertanyaan: Apa yang didapatkan dari kunjungan ke Sumatera Selatan? 

FM: Kami mendapatkan masukan-masukan untuk Revisi UU 33, tahun 2004 mengenai UU Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah yang masuk dalam Prolegnas 2015. 

Pertanyaan: Bagaimana pengalaman kunker kali ini? 

FM: Di semua daerah, kami dilayani oleh program-program Kemenkeu dan Bank Indonesia. Kami juga banyak melakukan pembahasan dengan OJK. 

Pertanyaan: Apa fokus #kom11 saat masa sidang ketiga dimulai? 

FM: Kita punya 3 fokus paling utama, yang pertama adalah inisiatif DPR untuk RUU Bank Indonesia, lalu mengenai Perimbangan Keuangan antara Pusat dan daerah, kemudian RUU Perbankan. 

wikidpr/hip