Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Republika) KPK Diminta Usut Dugaan Korupsi Ketua DPR

12/12/2018



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk segera usut dugaan korupsi yang dilakukan oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2014-2019, Setya Novanto.

Permintaan ini dilakukan oleh komunitas masyarakat Komite Merah Putih (KMP) yang mendatangi KPK pada Senin (10/11).

Juru Bicara Komite Merah Putih Ibrahim Yusuf Folasimo (27) mengatakan sebagaimana yang tertulis dalam secarik kertas, ia meminta semua pihak penegak hukum termasuk KPK agar usut tuntas dugaan korupsi ketua DPR Setya Novanto.

Menurutnya, dipilihnya Setyo Novanto bukan saja mengejutkan tapi juga dinilai sebagai pelecehan. "Pelecehan akal sehat publik," ungkap laki-laki yang berasal dari Ternate ini.

Pasalnya, sebagaiman yang dikatakan Ibrahim, Setyo Novanto yang terpilih dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur ini, sering dikait-kaitkan atau tersangkut dalam sejumlah dugaan korupsi. Ibrahim menambahkan, Setya sering menjadi pelanggan tetap dalam sejumlah kasus korupsi yang ditangani KPK.

"Seperti kasus PON Riau, Sengketa Pilkada Jatim, dan kasus pengadaan e-KTP," jelasnya.

Untuk itu, Komite Merah Putih memberikan tiga sikap terhadap dugaan korupsi Setya Novanto. Pertama, mendukung KPK mempercepat upaya pengusutan terhadap sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan Setya.

Ibrahim menjelaskan, sikap selanjutnya yakni mendesak KPK untuk mengambil langkah pro aktif dugaan kasus suap dan politik uang terbaru.

"Untuk itu, kami siap menjaga dan melindungi KPK dari skenario jahat para politisi yang ingin melemahkan KPK," tambahnya.