Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Rimanews) DPR Tolak Laporan Penggunaan Anggaran Ditjen Bimas Kristen dan Katolik

12/12/2018



Rimanews – Komisi VIII DPR RI menolak laporan Ditjen Bimas Kristen dan Katolik terkait realisasi anggaran. Anggota Komisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kuswiyanto menilai ada kesenjangan yang mengangah antara data dan realitas yang terjadi di lapangan. Menurutnya, realisasi bantuan di setiap provinsi masih sangat kecil.

“Ini membuktikan bahwa bantuan belum tersebar secara massif. Penyerapannya sangat rendah.Karena itu, diperlukan perbaikan data dan perencanaan, baik jumlah bantuan, data sekolah, data tempat ibadah, data perguruan tinggi agama, sehingga memudahkan pemetaan”, terang Kuswiyanto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VIII DPR RI dengan Ditjen Bimas Kristen di Gedung Nusantara II DPR-RI, senin (14/03/2016).

Oleh karena itu, Kuswiyanto mendesak Dirjen Bimas Kristen dan Dirjen Bimas Katholik, dengan sungguh-sungguh memperhatikan pendistribusian alokasi bantuan, memperhatikan sebaran program dan anggaran berdasarkan pemerataan dan aspirasi daerah. Mereka juga harus menyampaikan data mutakhir sebaran jumlah umat di tiap provinsi.

“Beserta jumlah rumah ibadahnya, berapa jumlah sekolah, perguruan tinggi agama, kondisi guru, dosen, sarana dan prasarana? termasuk data yang mendapatkan beasiswa,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kuswiyanto, juga mengingatkan agar Dirjen Bimas Kristen maupun Katolik, tidak asal-asalan dalam membuat perencanaan dan laporan.

“Sebagai aparatur Negara, mustinya mereka bisa menjalankan secara professional. Terlebih ini berkaitan dengan masalah agama, pendidikan dan pelayanan masyarakat”,  imbau pria yang akrab disapa Kang Kus ini.

Kuswiyanto berharap, semua Dirjen Bimas di Kementerian Agama bisa menjalankan fungsinya dengan baik, terutama menyangkut relevansi, isu strategis dan arah kebijakan.