Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Rimanews) Pengamat: KPU Harus Belajar Demografi

12/12/2018



Rimanews - Kepala Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry Hamdani, menganggap potensi konflik Pikada serentak dapat disebabkan oleh kesalahan Data Pemilih Tetap (DPT) yang dikelola KPU.

KPU, kata Sonny, perlu belajar dari pengalaman DPT yang ada pada pemilu tahun 2009 dan 2014 yang mengalami perbedaan secara tidak wajar.

"Saran ke KPU belajar demografi lah. Saya contohkan dalam satu kabupaten 50 persen, tidak ada dalam teori dalam satu kabupaten dalam 5 tahun pertumbuhan sampai 50 persen. Indonesia kenaikan itu 5 persen udah tinggi," kata Sonny dalam diskusi Forum Senator untuk Rakyat (FSuR) dengan tema "Memetakan Potensi Konflik dalam Pilkada Serentak 2015" di Resto Dua Nyonya Cikini, Jakarta, Minggu (23/08/2015).

Dirinya menegaskan, kalau persoalan data sangat berpotensi memicu konflik. Hal itu, kata dia, akan mulai terlihat saat pengesahaan calon kepala daerah, apalagi ditambah dengan daerah yang hanya memiliki dua pasang calon kepala daerah.

Selain itu, untuk mengurangi potensi konflik, Sonny mengusulkan supaya calon kepala daerah perlu dibekali pendidikan agar menjadi seorang negarawan.

"Konstituen kan lebih dekat dengan kepala daerah, dibanding dengan presiden dan wakil presiden. Calon-calon ini harusnya disekolahkan dulu agar jadi negarawan," tandasnya.