Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(RMOL.CO) Alasan Tingkat Kepuasan DPR Lebih Rendah Dibanding KPK

12/12/2018



RMOL. Survei Poltracking Indonesia terbaru menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja KPK lebih tinggi dibandingkan terhadap kepolisian dan DPR. 

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memberi alasan kenapa lembagannya dan kepolisian kalah dari KPK.  

Menurutnya, pegawai KPK lebih sedikit dibandingkan Polri, sehingga untuk menghindari kesalahan KPK lebih mudah dibandingkan kepolisian.

"Semakin banyak anggota semakin banyak salahnya. Apalagi kalau anggota DPR RI yang banyak ngomong, semakin banyak omong semakin banyak salah," tutur Fahri dalam diskusi menyorot survei Poltracking Indonesia bertajuk "Refleksi 17 Tahun Reformasi; Evaluasi Publik Kinerja Institusi Demokrasi di Jakarta, Selasa (19/5).

Dari hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia menunjukkan 69,4 persen publik puas terhadap kinerja KPK, 23,1 persen tidak puas dan 7,5 responden menyatakan tidak tahu. Sementara 55,9 persen publik tidak puas terhadap kinerja polri, dan 66,5 persen tidak puas terhadap kinerja DPR.

Survei dilakukan pada 23 hingga 31 Maret 2015 di 33 provinsi, menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 1200 responden dan margin of error kurang lebih 2,9 persen.[dem]