Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(RMOL.CO) Pemerintah Diminta Serius Perhatikan SMK Musik

12/12/2018



RMOL. Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei ini, anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mendesak pemerintah untuk memperhatikan SMK Musik.

"Saya kira pemerintah harus serius menggarap Sekolah Kejuruan Musik (SMK Musik). Ini sebagai bentuk komitmen untuk mendorong ekonomi kreatif. Musik adalah salah satu bidang untuk mendorong ekonomi kreatif," kata Anang di Jakarta, Sabtu (2/5).

Menurut politisi PAN ini, dengan pemerintah memperhatikan SMK Musik baik dari sisi kurikulum, sarana dan prasarana diharapkan mampu mencetak musisi masa depan yang berasal dari berbagai daerah di nusantara. Lebih dari itu, akses masyarakat terhadap musik semakin terbuka, tambah Anang.

Dia menuturkan, Komisi X DPR RI telah melakukan komunikasi dengan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) terkait dengan dukungan terhadap keberadaan SMK Musik. 

"Ada pembicaraan komitmen tentang hal tersebut. Harapannya, dalam APBN 2016 rencana tersebut dapat diakomodasi," ujarnya. 

Saat ini total SMK Musik di seluruh Indonesia hanya sembilan sekolah yakni SMK 1 Padang, SMK Negeri 8 Solo, SMK Negeri 9 Surabaya, SMK Musik Cikini Jakarta, SMK Negeri 1 Kasian Bantul, SMK Negeri 2 Kasian Bantul, SMK Negeri 3 Sukawati Bali, SMK Negeri 10 Bandung dan SMK Negeri 3 Banyumas.[wid]