Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Seluruh Fraksi Demokrat Dipanggil, SBY Ingin Pimpin Partai Demokrat Lagi

12/12/2018



Malam ini, Fraksi Demokrat tak hadir di komisi 3 saat rapat dengan Kompolnas (Menkopohukam Tedjo Purdjiyatno, Mendagri Tjahjo Kumolo, Adrianus Meliala). Pada paripurna ke-24 hari ini pun, tak cukup banyak anggota Demokrat yang hadir, hanya 32 dari 60 anggota Fraksi Demokrat DPR. Selepas paripurna, banyak rapat komisi tak dihadiri anggota Demokrat.

 

Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumpulkan semua anggota Demokrat hari ini (Selasa, 14 April). Menurut info yang didapat, Susilo Bambang Yudhoyono melakukan konsolidasi internal sembari menanyakan berbagai hal yang berkembang di DPR saat ini. Meski demikian, pengumpulan ini juga diperkirakan konsolidasi bagi Susilo Bambang Yudhoyono sendiri jelang kongres nasional Patai Demokrat. SBY dikabarkan ingin memimpin Demokrat lagi.

 

Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat, Ventje Rumangkang, mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono telah menyatakan siap memimpin kembali Demokrat selama lima tahun ke depan. Menurut Ventje, Yudhoyono menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan pada akhir Maret lalu. "Pak SBY masih bersedia memimpin partai lima tahun ke depan," papar Ventje .

Ventje mengatakan Yudhoyono membuka kesempatan bagi calon lain untuk bersaing dengannya dalam kongres partai yang akan digelar di Surabaya pada Mei nanti. Untuk kader yang ingin mencalonkan diri, Yudhoyono memasang syarat bahwa mereka mesti mengantongi minimal 20 persen dukungan pemilik suara kongres. "Dan berkegiatan di partai minimal lima tahun," ujar Ventje.

Ventje melanjutkan, jika kelak terpilih, Yudhoyono tak akan menempatkan putranya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, sebagai sekretaris jenderal partai sebagaimana saat ini. "Dalam pembicaraan, Mas Ibas bukan dalam posisi sekjen lagi jika Pak SBY terpilih," katanya. "Mungkin ada posisi lain."

Selain membahas calon ketua umum, Ventje mengatakan pertemuannya dengan SBY juga membahas jatah suara untuk Forum Pendiri dalam kongres nanti. Menurut Ventje, pengurus Demokrat menawarkan dua suara untuk Forum Pendiri. "Saya minta empat suara untuk Forum Pendiri, ditambah lima suara dengan saya sebagai ketua forum. Tapi ini belum final."

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan sikap Yudhoyono, yang membuka peluang para kader untuk maju menjadi calon ketua umum, menunjukkan bahwa Demokrat bukan partai tradisional. "Itu bentuk demokratisasi yang terbangun di partai," kata Max. "Kalau calonnya memenuhi persyaratan itu, ya, kongres mempersilakan dia maju."

Namun, kata Max, proses tersebut tak berlaku jika ada satu calon yang didukung lebih dari setengah jumlah pemilik suara dalam kongres. "Kalau dukungan mengerucut ke satu orang, proses itu terhenti," ujarnya. Max mengatakan dukungan para pemilik suara masih tercurah untuk Yudhoyono.