Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(SindoNews.com) Empat Kementerian Ini Diminta Segera Lakukan Lelang

12/12/2018



JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, terdapat empat kementerian yang diminta segera melakukan lelang proyek lebih cepat, pasca Undang-undang (UU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 diketok pekan lalu.

Pasalnya, empat kementerian ini memiliki banyak proyek infrastruktur yang harus segera direalisasikan.
"Karena mereka punya banyak proyek infrastruktur, yaitu Kemenpupera, Kemenhub, Kementan, dan Kementerian ESDM. Mereka diminta segera melakukan lelang," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Dia mengatakan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) diperkirakan akan selesai pada bulan depan. Sehingga, jika DIPA telah selesai dan lelang telah dilakukan, maka kementerian tersebut dapat segera melakukan kontrak dengan pihak ketiga.

"Setelah lelang dilakukan dan DIPA selesai, maka segera lakukan kontrak antara pemerintah dengan pihak ketiga yang akan menjadi pelaksana dari proyek infrastruktur tersebut," imbuhnya.

Setelah itu, lanjut Bambang, pada awal tahun depan atau sekitar Januari 2016 termin pembayaran pertama serta konstruksi proyek akan bisa segera dilakukan.

"Dengan demikian, kita berharap penyerapan 2016 akan lebih baik. Tidak hanya di timing, tapi juga dari segi besaran yang bisa diserap. Karena sekarang akan banyak proyek yang sudah bisa mulai per Januari," harapnya.

Belajar dari pengalaman di masa lalu, bahwa kebanyakan proyek baru dimulai Maret hingga Mei, penyerapan anggaran pun menjadi tersendat.

"Nah mudah-mudahan dengan UU APBN 2016 disetujui DPR, di mana kita juga bisa segera melakukan upaya mencari pembiayaan, maka Januari kita bisa segera mendorong adanya proyek," pungkas Bambang.