Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) Amien Rais Bergerilya Dukung Zulkifli Hasan

12/12/2018



Tim sukses kandidat Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, terus bergerilya ke daerah. Kemarin, tim yang dimotori pendiri sekaligus mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais, mengumpulkan kader partai se-Sumatera Utara di Hotel Emerald Garden. "Amien menjelaskan, regenerasi perlu ada di tubuh PAN," kata anggota tim sukses, Yandri Susanto, kemarin.

Yandri mengatakan, dalam pidatonya, Amien mencontohkan kepemimpinannya di PAN selama satu periode. Amien tak maju lagi sebagai ketua umum walaupun, saat kongres 2005 di Semarang, dukungan begitu besar. "Saat turun dari jabatan Ketum PAN, usia saya pun dua tahun lebih muda dari Hatta Rajasa sekarang," kata Yandri, menirukan Amien.

Mendukung Zulkifli, yang juga sang besan, Amien Rais terus mengumpulkan dukungan dari daerah. Sebelum ke Sumatera Utara, ia mengumpulkan pengurus daerah PAN di rumahnya di Yogyakarta pada Ahad dua pekan lalu. Dalam pertemuan itu, Amien meminta pengurus daerah pemilik suara mendukung Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan.

Amien makin gencar menggalang dukungan daerah setelah pengurus PAN dari 24 provinsi mendeklarasikan dukungan untuk Hatta Rajasa. Pendukung Zulkifli yakin dukungan untuk Hatta masih bisa digerus. "Belum tentu tingkat kabupaten/kota mendukung Hatta juga," kata Ketua Forum DPD PAN Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan, Rusli Erfan.

Sejumlah pengurus daerah mengatakan keberadaan Amien Rais dalam tim Zulkifli mempengaruhi peta dukungan. "Apa yang disampaikan Amien, kami sami'na wa atho'na (kami mendengarkan dan taati)," kata Ketua DPW PAN Sulawesi Tengah, Luthfi Lembah.

Anggota tim sukses Hatta Rajasa, Didi Supriyanto, mengakui, sebagai pendiri partai, Amien masih disegani. "Pasti ada pengaruh elekatabilitas dari keberpihakan Amien Rais," kata Didi, yang juga Ketua PAN Bidang Hukum dan Advokasi. Walaupun demikian, kata dia, kandidat yang bersaing adalah Hatta dan Zulkifli. "Bukan Hatta dan Amien Rais," ujarnya. Didi berharap Amien tak berpihak kepada salah satu kandidat.