Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) DPR Panggil Menteri Yohana Soal Penelantaran Anak

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat, Desy Ratnasari, bakal memanggil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise terkait dengan kasus penelantaran anak di Citra Gran Cibubur, Jawa Barat. “Sesegera mungkin kami, Komisi VIII, akan mengundang beliau,” katanya di Markas Besar Kepolisian RI, Senin, 18 Mei 2015.

Pemanggilan ini berawal dari kasus penelantaran lima anak oleh orang tuanya di Citra Gran Cibubur. Kasus ini terungkap dari investigasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Kemudian KPAI melaporkan orang tua lima anak tersebut, Utomo Purnomo dan Nurindria Sari, ke polisi atas kasus penelantaran mereka, yakni DI, 4 tahun, A (5), CK (10), LA (10), dan D (8). 

Salah satu anak, D, mengaku sering kelaparan dan terpaksa mencuri makanan di rumah tetangganya. Desy pun menilai Yohana sama sekali tidak bertindak dalam kasus tersebut. Selain itu, Desy menyoroti kinerja Yohana. Menurut dia, begitu banyak kasus pelecehan perempuan dan penelantaran anak yang dilewatkan Yohana. 

"Mungkin saya yang missed atau bagaimana. Nuwun sewu, Bu Yohana, semoga saya bisa melihat kinerja Ibu," ujar pelantun lagu Tenda Biru itu.

Politikus Partai Amanat Nasional tersebut mengimbau Yohana untuk turun tangan dalam penanganan kasus anak-anak telantar. Adapun beberapa solusi yang ditawarkan Desy antara lain bekerja sama dengan para psikolog anak. Selain itu, peran guru bimbingan konseling di sekolah serta pos pelayanan terpadu di lingkungan tempat tinggal dapat difungsikan secara optimal. 

"Mari bersama-sama selamatkan generasi bangsa. Mereka punya masa depan cerah," ujar Desy.