Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(tempo) Fadli Zon: Etikanya Pengumuman Kabinet Tunggu Rekomendasi DPR

12/12/2018



Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mengatakan, pertimbangan DPR tidak menjadi kendala bagi Presiden Joko Widodo untuk mengumumkan kabinet. Sebab, kata Fadli, menurut Undang-Undang Kementerian Negara, DPR hanya memberikan pertimbangan.

Fadli mengatakan, meski hanya pertimbangan sebaiknya pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo tetap menunggu pertimbangan dari DPR. "Karena ada surat, etisnya menunggu surat dari DPR," ujarnya di Padang, Jumat, 24 Oktober 2014.

Menurut Fadli Zon, pertimbangan tersebut sesuai dengan Undang-Undang Kementerian Negara Pasal 19. Apakah aturan itu dipakai atau tidak, katanya, bakal diserahkan kepada Presiden. "Pertimbangkan itu Senin depan akan diserahkan," ujarnya.

Fadli Zon mengatakan, DPR tidak bermaksud memperlambat pembahasan nomenklatur tersebut. Sebab, surat Presiden baru diterima DPR pada Rabu, 22 Oktober 2014. "Jika (kabinet) diumumkan sekarang silakan" ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim pengumuman kabinet tinggal menunggu hasil penelusuran nama calon menteri yang baru. JK memastikan pengumuman tak perlu menunggu surat pertimbangan DPR. "Kalau hasilnya tak lagi ada yang merah dan kuning, kita bisa langsung," kata Kalla di kantornya.