Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) Fraksi PDIP Minta Fit Proper Kapolri Setelah Kongres

12/12/2018



Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat, Trimedya Panjaitan, meminta Komisi Hukum mundurkan jadwal uji kelayakan dan kepatutan Badrodin Haiti.


Komisi Hukum menunda jadwal tak dilakukan pekan ini, karena PDIP ada kongres di Bali," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, kemarin. PDIP akan menghelat kongres nasional pada 8-12 April ini.

Sebelumnya, menurut anggota Komisi Hukum DPR, Bambang Soesatyo, komisinya sudah berencana menggelar uji kelayakan Badrodin pada Rabu

Perihal disetujui atau tidaknya uji kelayakan Badrodin digelar akan diputuskan dalam Sidang Paripurna Dewan, hari ini. Keputusan di Sidang Paripurna itu, ujar Bambang, kemudian disampaikan ke Badan Musyawarah.

Setelah menggelar uji kelayakan ini. Komisi Hukum akan memutuskan apakah menyetujui atau menolak pencalonan Badrodin. Keputusan Komisi Hukum ini selanjutdibawa ke Sidang Paripurna DPR berikutnya. Jika Sidang Paripurna sepakat, Jokowi akan melantik Badrodin.

Anggota Komisi Hukum dari Partai NasDem, Rio Capella, mendukung usulan PDIP agar waktu pelaksanaan uji kelayakan Badrodin diundur setelah Kongres PDIP "Kalau Rabu atau Kamis, PDIP akan ke Bali dan dari mereka yang di Komisi Hukum banyak," ujar Rio.


Wakil Ketua Komisi Hukum Mulfachri Harahap mengatakan jadwal uji kelayakan itu akan keluar setelah pembahasan di rapat Badan Musyawarah, bukan tergantung Kongres PDIP. Mulfachri mengatakan belum tahu jadwal rapat Badan Musyawarah. "Tak ada kaitan kongres dengan fit and proper test calon Kapolri," kata Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional ini

 

link asli (locked): http://koran.tempo.co/konten/2015/04/07/369663/PDIP-Minta-Badrodin-Diuji-setelah-Kongres