Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(tempo) Obama: Indonesia Contoh Demokrasi-Pluralisme

12/12/2018



Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyebut Indonesia sebagai contoh bagi demokrasi, toleransi, dan pluralisme bagi dunia meski merupakan negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

Obama menyebut pemilu yang baru saja berlangsung menjadi bukti berjalannya demokrasi di Indonesia. (Baca: Di APEC, Jokowi Singgung Soal Lahan dan Izin )

"Melihat pemilu di Indonesia, menegaskan adanya transisi pada demokrasi. Indonesia merupakan contoh bagi demokrasi, toleransi, dan pluralisme," kata Obama saat melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi di Hotel Westin, Beijing, Senin, 10 November 2014.

Obama mengatakan Jokowi memiliki agenda ambisius untuk pembaharuan. Amerika, kata Obama, akan menjadi mitra bagi Indonesia untuk mencapai tujuan ambisius tersebut. "Lagipula kemitraan kita sudah luar biasa di bidang pembangunan, pertahanan, dan keamanan." (Baca: Jokowi Janjikan Perizinan Mudah di APEC CEO Summit )

Dalam pertemuan dengan Obama itu, Jokowi menggunakan bahasa Indonesia dengan dibantu penterjemah. Obama juga menggunakan bahasa Inggris dengan dibantu penterjemah.

Jokowi didampingi oleh beberapa menteri dalam pertemuan dengan Obama yaitu Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto, dan Wakil Ketua DPD, Kanjeng Ratu Hemas. Pertemuan berlangsung di Hotel Westin, Beijing.