Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) Pasca Laksono Menang: Setya Novanto, Bambang Soesatyo, dan Puluhan Anggota Fraksi Golkar Terancam di-PAW

12/12/2018



Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hukum dan Hak Asasi manusia Lawrence Siburian memastikan kubunya bakal mencopot Setya Novanto dari jabatannya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Alasannya, Setya merupakan orang kepercayaan Aburizal Bakrie alias Ical.

Lawrence mengatakan, belum ada waktu pasti kapan Setyanto akan dicopot oleh kubu Agung Laksono, pesaing Ical. Namun, hal itu sangat mungkin terjadi. "Masa kita ke kanan, dia ke kiri, tentu harus dicopot" kata Lawrence kepada Tempo di kantor Golkar, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2015.

"Ini bisa terjadi, karena Golkar sebagai partai pengusungnya boleh saja meminta dia turun," kata Lawrence. "Tapi butuh proses, tidak bisa langsung karena butuh persetujuan beberapa pihak lain untuk menurunkan dia dari alat kelengkapan di DPR."

Tak hanya itu, kubu Agung mencopot Ketua dan Sekretaris Fraksi Golkar, Ade Komaruddin dan Bambang Soesatyo alias Bamsat. Kubu Agung mengangkat Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai ketua fraksi, dan Fayakun Adriadi sebagai sekretaris. "Surat pencopotan dan penunjukan pimpinan fraksi yang baru akan kami kirim besok ke DPR," kata Lawrence.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengeluarkan surat pengesahan kepengurusan Partai Golkar kubu Agung Laksono. Surat bernomor M.HH.AH.11.03-26 itu didasarkan atas putusan Mahkamah Partai Golkar. Mahkamah partai mengakui kepengurusan Agung Laksono.