Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) PDIP Tak Kompak Terkait Pencalonan Badrodin Haiti

12/12/2018



Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di DPR mulai tidak kompak dalam menyikapi keputusan Presiden Joko Widodo yang mencalonkan Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kepala Polri. Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Trimedya Panjaitan menyatakan tetap menginginkan Presiden Jokowi melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

"Tidak bergeser dari sikap sebelumnya, karena kami ingin menjaga Jokowi sebagai kader partaiagar patuh kepada hukum," ujar Trimedya kepada Tempo kemarin. Keputusan-Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala Polri, menurut dia, melanggar Undang-Undang Kepolisian RI. "Kalau dia didorong untuk melanggar hukum, selamanya akan melanggar hukum."

Mengenai pencalonan Badrodin, kata Trimedya, PDI Perjuangan tidak akan langsung menjegalnya. "Kami menunggu surat penjelasan Presiden soal pembatalan itu, baru bersikap," ujar dia.

Dwi Ria Latifa, anggota Komisi Hukum DPR yang juga dari PDI Perjuangan, tak sepaham dengan Trimedya. Ia mengatakan fraksinya akan memperjuangkan seluruh kebijakan Jokowi di parlemen. Sikap ini, menurut dia, merupakan instruksi langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Saya bertemu langsung dengan beliau (Megawati). Partai akan mendukung penuh keputusan Jokowi sebagai presiden dari PDIP. Beliau juga mengatakan takmau kisruh ini terus berlanjut," kata Dwi saat dihubungi kemarin. Ia mengakui, PDI Perjuangan memang kecewa terhadap keputusan Jokowi yang membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala Polri.

Sikap Trimedya Panjaitan disokong Ahmad Basarah, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan. Ia menegaskan, partainya belum menyikapi pencalonan Badrodin Haiti sebagai Kepala Polri. "Fokus kami, mengantisipasi pertanyaan fraksi lain di DPRbahwa tidak ada norma hukum yang menyatakan presiden boleh tidak melantik calon Kepala Polri yang sudah disetujui oleh DPR," katanya.

Ihwal Budi Gunawan masuk bursa calon Wakil Kepala Polri seperti dinyatakan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Ronny F. Sompie pada Jumat lalu, PDI Perjuangan menyerahkannya kepada Presiden Jokowi. "Soal Wakapolri, itu juga hak prerogatif Presiden."