Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(tempo.co) "DPR Tandingan" Tolak Pembangunan Gedung Baru DPR

12/12/2018



Ketua Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat Dosi Iskandar meminta Dewan Perwakilan Rakyat menimbang kondisi rakyat jika berencana membangun gedung baru. Menurut Dosi, DPR harus bisa lebih berempati dengan kondisi saat ini.

"Mesti empati pada rakyat. Daripada buat baru, kalau yang lama bisa dialihfungsikan, kenapa tidak?" ujar Dosi saat dihubungi Tempo pada Ahad, 2 November 2014. (Baca: DPR Pecah, Slank Ingat Lagu dan Ejekan Gus Dur)

Dosi meminta Badan Urusan Rumah Tangga DPR meninjau kembali urgensi pembangunan gedung baru tersebut. Menurut dia, lebih baik anggota-anggota yang bersangkutan meninjau kembali ruang-ruang yang ada di Kompleks Parlemen. (Baca: DPR Terbelah, Puan: Kita Saling Mengalah Dulu)

"Kalau ada yang masih bisa digunakan, daripada membangun yang baru, lebih baik difungsikan," tuturnya. Dosi sendiri belum dapat menilai apakah gedung baru DPR memang dibutuhkan atau tidak. Sebagai anggota baru, Dosi masih belum berkeliling serta melihat seluruh ruang dan fasilitas di DPR.

Wacana pembangunan gedung ini pertama kali muncul pada 2010. Namun, atas desakan berbagai pihak, pada Mei 2011, pembangunan yang diperkirakan akan menghabiskan Rp 1,16 triliun ini dibatalkan. Proyek ini diduga melibatkan banyak anggota dalam kasus suap dan merupakan titipan proyek.