Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) FIFA Cabut Hukuman untuk Indonesia

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Skors Indonesia yang dijatuhkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) karena intervensi pemerintah terhadap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dicabut setelah berlangsung hampir satu tahun. Hal itu diumumkan Presiden FIFA Gianni Infantino di sela Kongres FIFA di Meksiko, Jumat, 13 Mei 2016.

Infantino mengatakan keputusan mengenai Indonesia, salah satu pasar sepak bola terbesar di Asia, diambil Dewan FIFA setelah pemerintah sepakat mencabut keputusan-keputusan yang dipertimbangkan sebagai intervensi konstitusi yang tidak dapat diterima terhadap PSSI pada Selasa lalu.

"Pemerintah Indonesia telah memberi tahu kami bahwa keputusan-keputusan yang menyebabkan skors itu telah dicabut," ucap Infantino. 

FIFA menjatuhkan hukuman kepada Indonesia pada Juni 2016 setelah terjadi perseteruan panjang antara pemerintah dan PSSI terkait dengan tim-tim mana saja yang dapat mengikuti strata tertinggi liga domestik.

Pemerintah membekukan PSSI setelah federasi sepak bola itu mengabaikan permintaan-permintaan menskors dua tim yang pemiliknya gagal memenuhi regulasi-regulasi dari pemerintah.

Setelah berulang kali memberi peringatan untuk mencari jalan keluar atas perselisihan ini, FIFA kemudian menskors Indonesia, membuat negara itu tidak dapat berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

Pada kongres yang sama, FIFA memutuskan skors terhadap Kuwait dan Benin karena intervensi pemerintah masing-masing negara masih tetap berlangsung. 

Infantino menambahkan, kasus-kasus yang melibatkan Kuwait dan Benin akan segera dicarikan jalan keluarnya. "Saya sangat sedih untuk berada di sini dan harus mengajukan kepada Anda bahwa kami menskors dua asosiasi," ujar Infantino. "Di sisi lain, kami perlu melindungi asosiasi-asosiasi kami dari intervensi pemerintah. Itu merupakan satu dari dua tugas utama kami."

Asosiasi Sepak Bola Kuwait (KFA) diskors FIFA pada Oktober lalu setelah badan sepak bola itu mengatakan rancangan hukum olahraga yang sedang dibuat merupakan intervensi terhadap asosiasi sepak bola negara itu, seperti dilansir Reuters.