Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(tempo.co) KPK: Syarif Hasan (Demokrat) Satu-Satunya Anggota DPR Yang Serahkan Daftar Kekayaan Sampai Saat Ini

12/12/2018



Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi Sapto Pribowo mengatakan baru satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Padahal, komisi antirasuah itu sudah mengimbau anggota parlemen untuk segera menyerahkan laporan tersebut. Satu orang itu adalah politikus Partai Demokrat Syarief Hasan.

"Baru Syarief Hasan," kata Johan melalui pesan pendek BlackBerry Messenger, Kamis, 6 November 2014.

KPK sebelumnya mengimbau seluruh penyelenggara negara--baru maupun incumbent, untuk melaporkan harta kekayaannya. Tujuannya supaya publik bisa memantau kekayaan pejabat, sebelum dan sesudah menjabat. (Sudah tiga menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo yang melaporkan harta. Klik di sini untuk beritanya)

Menurut Johan, lembaganya bersedia membantu para pejabat untuk mengisi formulir laporan harta. Bahkan, petugas KPK siap mendatangi pejabat yang terlalu sibuk untuk mengurus laporan tersebut. "Kalau diperlukan, staf kami siap," kata Deputi Pencegahan KPK itu.

Sebelumnya KPK mengirim surat imbauan ke DPR, DPR Daerah, dan Dewan Perwakilan Daerah, agar seluruh anggotanya menyerahkan laporan kekayaan ke KPK. Jumlahnya mencapai lebih dari 500 surat.