Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Pertalite Segera Dipasarkan, DPR Ternyata Tak Tahu

12/12/2018



TEMPO.CO Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Satya Yudha, terkejut mendengar kabar akan diluncurkannya produk bahan bakar Ron 90 Pertalite oleh PT Pertamina pekan ini. Musababnya, pihaknya sudah meminta peluncuran tersebut ditunda terlebih dahulu melalui rapat yang digelar pada tanggal 22 April lalu.

“Pertamina belum sama sekali meminta restu DPR untuk meluncurkan Pertalite pekan ini,” ujar Satya ketika dihubungi, Ahad, 3 Mei 2015. 

Satya beranggapan jika Pertamina akan mematuhi hasil kesimpulan yang dibuat DPR bersama Pertamina kemarin. Kesimpulan, maksudnya adalah keharusan Pertamina untuk memastikan kelengkapan infrastruktur berupa ketersediaan tangki penampungan pada stasiun pengisian bahan bakar umum. 

“Jangan sampai tangki yang seharusnya digunakan untuk Premium diganti menjadi Pertalite,” kata dia.

Jika hal tersebut terjadi, Satya khawatir daya beli masyarakat akan berkurang. Padahal, Pertamina sudah berjanji jika kuota dan peredaran premium takkan terganggu ataupun berkurang.

Satya mengatakan akan mengawasi betul jika Pertalite benar-benar diluncurkan. “Ada unsur kesengajaan menghilangkan Premium, pemerintah harus menyelesaikan klarifikasi Premium terlebih dahulu.”.

Menurut pantauan Tempo beberapa waktu yang lalu, hal yang ditakutkan Satya cenderung menjadi kenyataan. Sejumlah SPBU di Jakarta akan mengubah tanki Premium menjadi tanki Pertalite.Ini dilakukan terkait rencana Pertamina untuk mengeluarkan varian BBM jenis baru, yaitu Pertalite.

"Kami akan mengubah satu tanki Premium untuk Pertalite," kata Aminurrahman, seorang pengawas SPBU di Jalan Daan Mogot KM 14, Cengkareng, pada Tempo, Rabu, 22 April 2015.

SPBU bernomor 34-11706 itu memiliki dua tanki untuk BBM jenis Premium, satu tanki Pertamax, dan satu tanki Biosolar. Menurut Amin, pihaknya sudah mendapat sosialisasi dari Pertamina dengan rencana peluncuran Pertalite. Namun hingga kini Pertamina belum menetapkan dengan pasti kapan Pertalite akan diluncurkan.

Dari pantauan Tempo, SPBU milik PT Tigaras Utama ini ramai oleh konsumen. Kebanyakan mereka adalah pengguna Premium, baik mobil maupun motor. Hanya sesekali saja kendaraan yang membeli Pertamax. Sementara bus-bus besar dan truk adalah pengguna setia Biosolar.