Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tribun) Taufik Kurniawan Wakil Ketua DPR: Harusnya 2 kali Tes, Sebelum diajukan DPR, lalu diuji Komisi III

12/12/2018



Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengusulkan agar proses uji kelayakan dan kepatutan calon kepala Polri dilakukan dua kali. Ujian pertama dilakukan sebelum calon Kapolri diajukan ke DPR, dan ujian kedua dilakukan oleh Komisi III DPR.

"Ke depan, kami mengusulkan fit and proper test tidak hanya di Komisi III, tapi dilakukan juga sebelum surat masuk ke DPR ," kata Taufik Kurniawan dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (7/2/2015).

Menurut Taufik, usulnya ini akan bermanfaat untuk meminimalkan terjadinya polemik pencalonan Kapolri seperti yang terjadi saat ini. Mengenai pengujinya, Taufik menilai dapat dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

"Jadi kalau ada masalah kayak sekarang, bebannya tidak hanya di presiden saja," ujarnya.

Pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri menuai polemik setelah yang bersangkutan ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK. Namun, DPR tetap menyetujui Budi menjadi Kapolri sesuai usulan Presiden Joko Widodo.

Setelah disetujui DPR, Presiden memutuskan menunda pelantikan Kapolri. Belakangan terjadi kisruh antara KPK dan Polri.

Satu per satu pimpinan KPK kemudian dilaporkan ke polisi atas dugaan pelanggaran yang dilakukan pada masa lalu. Polri sudah menerbitkan surat perintah penyidikan terhadap tiga unsur pimpinan KPK, yaitu Abraham Samad, Zulkarnaen, dan Adnan Pandu Praja.

Presiden baru akan mengambil keputusan terkait polemik pergantian Kapolri pada pekan depan. Menurut Jokowi, masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan sebelum dirinya mengambil keputusan final, apakah melantik atau tidak Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Jumat pekan depan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan membacakan putusan gugatan praperadilan yang diajukan Budi. Ia mempermasalahkan penetapan tersangkanya oleh KPK. Sidang akan dimulai Senin pekan depan.

 

profil wikidpr untuk Taufik Kurniawan: http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef86a