Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(VIVA.co.id) DPR Dukung Presiden Jokowi Tunjuk Jubir

12/12/2018



VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya menilai Presiden Jokowi terlihat tidak selalu siap dalam memberikan jawaban terhadap sejumlah isu yang ditanyakan wartawan. Untuk membangun komunikasi yang lebih efektif dengan publik sudah sepatutnya presiden menunjuk juru bicara (jubir).

“Presiden tidak boleh kebanyakan melayani doorstop interview, hasilnya seperti selama ini beliau terlihat tidak siap. Jawaban yang diberikan tidak menyentuh persoalan secara substansial. Menurut saya Presiden Jokowi sudah harus punya Jubir,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Senin 11 Mei 2015.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menyebut sebaiknya presiden hanya memberikan penjelasan kepada wartawan pada momen yang telah dipersiapkan dengan baik. Terkait isu terkini yang sering dipertanyakan wartawan ia menilai sebaiknya diserahkan kepada jubir yang dapat memberikan penjelasan secara tangkas dan sigap.

Bicara pada kesempatan berbeda anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Patrice Rio Capella menyebut kehadiran jubir kepresidenan diharapkan dapat meredam isu sensitif. Ia juga menyoroti selama ini informasi dari istana muncul di publik berbeda-beda karena tidak keluar dari satu pintu.

Baginya juru bicara bisa diisi kalangan profesional atau kader dari partai politik yang memiliki kemampuan dibidang komunikasi. “Tugas menyampaikan keterangan ini tidak bisa diberikan kepada Sekretaris Kabinet atau Menseskab karena jubir itu memerlukan kepiawaian khusus,” lanjut dia.

Ia secara khusus menyoroti selama ini jarang ada keterangan resmi dari Istana usai pertemuan antarnegara atau setelah ada keputusan bilateral strategis yang dilakukan pemerintah. Pemberitaan cendrung didominasi agenda pertemuan yang sedang berlangsung saja. (www.dpr.go.id)