Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Warta Ekonomi Online) Kawasan Industri Generasi III Dorong Pertumbuhan Ekonomi

12/12/2018



WE Online, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengharapkan pembangunan kawasan industri saat ini tidak hanya dipenuhi dengan pabrik-pabrik, tetapi juga dilengkapi dengan kawasan pemukiman, bisnis, pendidikan, hiburan, dan olahraga. Kawasan itu disebutnya sebagai kawasan industri generasi ketiga.

"Kawasan industri generasi ketiga ini mampu menjadikan kota industri baru yang modern dan mandiri serta berhasil memacu pertumbuhan ekonomi," kata Saleh dalam acara buka puasa bersama PT Jababeka di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Ia menjelaskan kawasan industri generasi I merupakan kawasan-kawasan industri yang dibangun dan dikelola sepenuhnya oleh pemerintah. Contohnya adalah Kawasan Industri Pulogadung-Jakarta, Kawasan Industri Rungkut-Surabaya, Kawasan Industri Medan, dan Kawasan Industri Makassar.

"Pemerintah memegang peranan yang sangat dominan dalam operasionalisasi kawasan industri di generasi pertama," tambahnya.

Sementara itu, kawasan industri generasi kedua merupakan kawasan-kawasan industri yang dibangun dengan konsep masih sederhana, yaitu sebagai lokasi pabrik semata. Saleh meyakini penyediaan lokasi industri yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas infrastruktur pendukung industri mampu menjadikan industri memiliki daya saing.

Kawasan industri telah menyumbang sekitar 40% dari nilai total ekspor nonmigas dan menarik investasi sebesar 60% dari total investasi sektor industri.

"Sampai saat ini jumlah kawasan industri di Indonesia tercatat sebanyak 74 kawasan industri dengan total luas lahan mencapai 30 ribu hektar. Namun, lokasi kawasan industri tersebut 67% di antaranya masih terpusat di Jawa," paparnya.